Posted by : Unknown Friday, October 2, 2015

Gue tuh corat-coret. Gue juga suka gambar. Tapi Gue sering bingung bagaimana Gue harus memulai. Terutama untuk membuat graffiti. Gue nemu nih langkah-langkah untuk memulai graffiti.


10 Langkah untuk memulai membuat graffiti

Langkah ini bisa Gue coba juga. Silahkan dicoba kalau suka membuat graffiti. Cari dulu inspirasi baru memulai dengan semua ini.

Langkah 1:


Gue harus mencoba membiasakan diri dengan gaya graffiti yang bervariasi. Gue tinggal di Surabaya, jadi Gue harus cari inspirasi sesuai gaya yang di Surabaya, itu contoh.

Harus ide dari Surabaya ? Ga harus. Gue bisa cari di kota lain, lihat seni jalanan yang keren ini. Gue pernah ke Jogja, gaya graffitinya berbeda dengan graffiti di Surabaya.

Memang Graffiti di Jogja lebih kelihatan kekhasan seninya. Kalau di Surabaya Gue lihat sih biasa saja, bukan berarti lebih jelek. Hanya saja kekhasannya tidak keliatan. Dengan melihat banya referensi, Gue pasti bisa sedikit memahami bagaimana graffiti itu dibuat.

Bisa juga mencari ide di internet. Coba aja survey di internet, berselancar dan mencari ide dari negara-negara tertentu. Ini menjadi modal besar buat Gue untuk mengetahui karakter-karakter graffiti dan kemudian buat karakter graffiti Gue sendiri.

Langkah 2


Coba dengan mencari kata yang akan Gue buat graffiti. Dulu sih waktu masih sekolah Gue pakai nama pacar Gue. Sekarang sudah nikah Dia.

Gue bisa memulai membuat graffiti dengan kata apapun, terserah. Tapi Gue sebagai pemula, mungkin langkah awal paling mudah adalah dengan menulis kata tersebut dengan huruf-huruf kapital. Kemudian dengan begitu Gue mulai bisa membuat banyak karakter yang nantinya menjadi kekhasan Gue.

Menggunakan pensil biar lebih mudah mengkoreksi kalau ada kesalahan. Bisa juga dengan cara mencetak huruf graffiti dan kemudian mencoba menirukannya. Semua berasal dari meniru untuk saat ini, kalau membuat cukup sulit deh,

Langkah 3


Pilih gaya yang Gue inginkan. Huruf dengan model seperti gelembung kan cukup populer. Ini bisa menjadi model awal untuk membuat graffiti. Tidak hanya gaya huruf seperti itu saja, masih banyak model lainnya. Pilih salah satu dan menerapkannya atau mencoba mengkombinasikan banyak model sehingga menjadi karaktermu.

Coba cek di wikiHow, banyak di sana.

Setelah banyak referensi di kepala Gue. Gue akan mencoba cari gaya graffiti Gue sendiri. Sampai sekarang belum nemuin.

Langkah 4

Mencoba terus menemukan gaya Gue sendiri. Gue gunakan pensil agar mudah mengkoreksinya. Gue coba membuat karakter Gue.

Terkadang Gue tertekan dengan komentar sekitar, tapi itu memang kendala dan harus dilewati.
Di sini Gue harus berani dalam merubah setiap karakter dari semua ide yang terlintas.

Langkah 5

Mencoba memvariasikan ketebalan garis. Bisa juga dengan menggunakan ketebalan yang sama, tapi bisa ditambahkan shading dan 3-D efek.

Cobalah untuk berselancar di internet bagaimana membuat shading dan 3-D.

Langkah 6

Menambahkan rincian yang mempercantik Graffiti. Itu dilakukan setelah mendapatkan karaktter graffiti yang sesuai keinginan.

Menambahkan rincian maksudnya seperti menambahkan aksesoris pada tulisan itu. Misalkan menambahkan rincian akar-akaran di huruf tertentu. Semua itu bisa dilakukan dengan melepaskan semua imajinasi yang ada di kepala dan kemudian direalisasikan dalam coretan.

Langkah 7

Mulai salin gambar ke sesuatu yang lebih permanen. Sekarang tidak menggunakan pensil lagi. Jadi untuk langkah ini harus sudah benar-benar sempurna. Karena sekali melakukan kesalahan, tamat sudah. Harus memulai semuanya dari awal.

Dengan menggunakan spidol warna ataupun alat warna lainnya yang menjadikannya permanen.
Agar tidak kehilangan karya, coba untuk difotokopi sehingga ketika ada kesalahan masih ada backup nya.

Langkah 8

Memperjelas garis pensil. Dengan menggunakan bulpen warna atau spidol, mulailah untuk mengkreasikan ide Gue ke dalam kertas.

Jadi harus berhati-hati, agar tidak memulainya dari awal lagi. Kalau kesalahannya masih bisa diatasi, biasanya dengan cara menambal dengan warna lain sehingga kesalahannya dapat ditutupi.

Langkah 9

Menambahkan warna di dalam ruang yang kosong. Di sini langkah yang akan memperlihatkan bagaimana bentuk graffitinya.

Membuat warna pada setiap huruf dengan warna yang berbeda dan mengkreasikan lebih lagi, itulah asiknya graffiti. Asalkan dapat dinikmati dengan mata dan menyenangkan, maka jelas akan banyak yang suka.

Dikreasi ini, kreator dituntut untuk berani menumpahkan warnanya di dalam kertas dan menciptakan karyanya.

Langkah 10

Langkah terakhir yang seringkali Gue abaikan. Terus berlatih.

Gue sering tidak fokus dengan apa yang Gue kerjakan. Seringkali berpindah-pindah kegiatan.

Semoga dengan 10 langkah ini bisa menjadi awal yang bagus untuk memulai berkreasi graffiti.

Sumber : Instructable

Suka dengan artikel ini
Masukkan alamat email


Delivered by FeedBurner

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Post Terkeren

Blog Archive

Powered by Blogger.

- Copyright © Aku Tuh Penggemar Seni Visual -akutuh-Disclaimer-Privacy Policy-About Us- Powered by Blogger - -