Posted by : Unknown Saturday, October 3, 2015

Gue coba searching di internet, apa bedanya karikatur dan kartun? Gue coba cari versi Indonesia, kog sedikit ya yang muncul. Gue alihkan menjadi bahasa Inggris. Lumayan banyak.

sumber : webneel


Ini hasil pencarian Gue dan coba Gue rangkum dalam tulisan ini.

Apa bedanya karikatur dan kartun?

Gue landing di halaman situs Poynter, miliknya Kelly McBride. Dan coba Gue lihat, sepertinya bermutu juga ini artikelnya.

Ceritanya dia dapat e-mail dari peneliti Meir - Amera Soliman, namanya. Amera Soliman Master komunikasi di Zagazig University. Dia mendapatkan e-mail pertanyaan apa bedanya karikatur dan kartun?

Pertanyaannya, Apakah Anda memikirkan bagaimana menerjemahkan setiap kata atau salah menerjemahkan kata dari bahasa satu ke bahasa lainnya. Saya membayangkan dia melihat kartun Nabi Muhammad, tapi tidak. Dia ingin meneliti bagaimana surat kabar mesir menggunakan gambar visual untuk menceritakan kisah perang.

Ini kutipan sumber aslinya.

Great question, if you consider how each word could be translated or mistranslated from one language to another. I figured she was looking at the Muhammad cartoons, but she’s not. She’s researching how Egyptian newspapers use visual images to tell the story of war.
Ini adalah tanggapan Kelly :

Karikatur


Sebuah rupa yang menangkap ciri-ciri fisik seseorang dan sekaligus melebih-lebihkan mereka agar terlihat lucu (dan kadang-kadang kejam).

Kartun


Sebuah bentuk seni rupa yang terdiri dari tangan atau gambar dengan menggunakan komputer/digital, sering kali (namun tidak selalu) diciptakan untuk sesuatu cerita lucu.

Sebuah karikatur adalah alat yang ampuh untuk menyampaikan pesan di dunia politik.

Apa bedanya karikatur dan kartun?

Dari sumber lain differencebetween. Berikut ini penjelasannya.

Key Difference : Karun adalah seni rupa dua dimensi. Awalnya istilah ini digunakan di Timur Tengah. Dimana yang kemudian akan digunakan untuk menciptakan sebuah karia seni. Seperti lukisan, permadani, atau jendela kaca patri. Sebuah karikatur digambarkan sebagai potret yang telah dilebih-lebihkan dari seseorang atau hal tertentu. Karikatur dapat disajikan dalam dua cara yaitu silebih-lebihkan atau disederhanakan.

Kartun dan karikatur sering membuat bingung. Karena keduanya nampak sama. Menjadi bingung biasanya karena keduanya dibuat dengan sketsa tangan dan secara alami mata dan otak manusia menyimpulkan sama.

Kartun dan karikatur sering ditemukan di koran, majalah, dengan karikatur seringkali lebih populernya disebut sebagai Kartun Politik. Oleh karena itu, karikatur adalah jenis kartun atau bagian dari kartun. Mari kita lihat kedua istilah ini secara terpisah.

Kartun hanyah sebuah seni rupa dua dimensi yang mana istilah ini digunakan di Timur Tengah untuk persiapan membuat karya seni yang lainnya. Atau istilah Gue mungkin sketsa. Karya seni yang akan dibuat adalah lukisan, permadani, atau jendela kaca patri.

Sedangkan sekarang, karikatur digunakan sebagai istilah untuk gambar yang memiliki tujuan sebagai sindiran dan semi-realistis atau non-realistis.

Kartun juga sering ditemukan di koran atau majalah. Dimana kegunaan kartun ini lebih untuk merujuk pada ilustrasi tokoh jahat dan baik. Kartun dalam koran atau majalah seringkali disajikan dalam panel yang terurut, sehingga memudahkan anak-anak atau orang dewasa sekalipun memahami maksud gambar tersebut.

Istilah 'kartun' berasal dari Italia 'Cartonr' dan kata Belanda 'karton' yang berarti 'kuat,kertas tebal, arau karton'.

Ada yang digunakan untuk menggambarkan gambar ukuran penuh yang dibuat di atas kertas atau karton tebal yang digunakan sebagai model untuk lukisan, kaca patri atau karya seni lainnya. Kartun kemudian dialihkan ke media cetak di mana kartunis akan membaut gambar realistis atau semi-realistis untuk menggambarkan situasi lucu yang terjadi di sekitar. Kartun dapat ditemukan di media cetak atau dalam bentuk animasi.

Kurang lebih begitu ceritanya kartun dan karikatur.
Suka dengan artikel ini
Masukkan alamat e-mail


Delivered by FeedBurner

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Post Terkeren

Blog Archive

Powered by Blogger.

- Copyright © Aku Tuh Penggemar Seni Visual -akutuh-Disclaimer-Privacy Policy-About Us- Powered by Blogger - -